Fungsi Kawat Seling Galvanis dalam Dunia Industri

Kegiatan industri umumnya membutuhkan alat-alat berat, sehingga dibutuhkan tali kawat untuk mengangkat atau pun menarik beban berat tersebut. Kawat seling galvanis merupakan tali kawat yang banyak diaplikasikan oleh berbagai macam industri. Tipe dan kekuatan kawat galvanis yang semakin beragam, membuat kawat ini semakin banyak diaplikasikan dalam dunia industri. Lantas, apa saja manfaat kawat galvanis dalam dunia industri?

Inilah Fungsi Kawat Galvanis dalam Dunia Industri

Sebenarnya, banyak sekali industri yang membutuhkan kawat galvanis untuk berbagai macam keperluan. Pasalnya, kawat seling galvanis memiliki kekuatan yang cukup baik, sehingga cocok untuk mengangkat beban berat dalam kegiatan industri. Setidaknya, ada tiga industri yang paling umum menggunakan kawat ini. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Industri Perkapalan

Industri perkapalan tentu membutuhkan kawat yang kuat seperti seling galvanis untuk berbagai macam keperluan. Pasalnya, banyak sekali kegiatan industri perkapalan yang menggunakan alat-alat berat. Dalam industri perkapalan, kawat seling banyak dimanfaatkan untuk mooring, komponen crane, dredging, towing, dan untuk mengikat barang-barang di tongkang.

2. Industri Perikanan

Selain dibutuhkan dalam industri perkapalan, kawat seling juga sangat dibutuhkan oleh industri perikanan. Biasanya, kawat seling dimanfaatkan untuk menarik trawl atau jala-jala penangkap ikan. Seperti yang kita tahu bahwa trawl tidak mudah ditarik dari air karena sangat berat. Oleh karena itu, dibutuhkan kawat seling sebagai alat bantu untuk memudahkan proses penarikan trawl dari air.

3. Industri Oil dan Gas

Kawat galvanis juga memiliki peran penting dalam industri oil dan gas. Umumnya, kawat baja ini diaplikasikan dalam proses pengeboran. Kawat seling tersebut digunakan dalam kegiatan menarik-ulur bor atau disebut dengan drilling line. Proses menarik dan mengulur bor tentunya membutuhkan tali yang sangat kuat. Maka dari itu, menggunakan kawat seling yang kuat sangat tepat.

Nah, itu dia beberapa fungsi dan manfaat kawat seling galvanis dalam industri perkapalan, perikanan, dan juga industri oil dan gas. Selain ketiga industri di atas, masih banyak industri lainnya yang membutuhkan fungsi dari kawat ini. Mulai dari industri telekomunikasi, gondola, mining, logging, dan masih banyak industri lainnya.